Forum  Kajian Online  Maktabah Online Buletin Jumat | Pembeli Online
"Barangsiapa mengada-adakan perkara baru dalam agama (bid?ah) yang dia pandang itu adalah baik, sungguh ia telah menuduh bahwa Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam telah berkhianat terhadap risalah (yang beliau emban)" (- Al-Imam Malik, Al-I?tisham 1/49)
Buku CD MP3 & VCD Majalah Pakaian Thibbun Nabawi Produk Lain
Pencarian Produk di Al-Ilmu.Com:
 
Web    Al-Ilmu.Com

Cara Belanja



Cek pengiriman belanja anda di sini

HUBUNGI KAMI
TULIS PESAN KE ADMIN
Langsung chatting dengan kami, atau tulis pesan/email, insya Allah kami merespon kurang dari 1 jam (pada jam kerja) atau kurang dari 12 jam (di luar jam kerja)

Kami Siap Melayani!
Layanan Belanja 1
Layanan Belanja 2
Bantuan Teknis
Adm Pembayaran
Manajemen
KONTAK KAMI :
info @ al-ilmu.com
DENAH - PETA
Telp/Fax.
0274-374046
SMS/HP:
0818 0408 7741
[HUBUNGI KAMI]
[BUKU TAMU]
INFO TERBARU :
Alhamdulillah telah dibuka penjualan kavling perumahan islami di Prambanan (12 km dari Yogyakarta), kavling masih tersedia... jangan ketinggalan kesempatan tinggal di lingkungan perumahan ahlussunnah yang nyaman dan asri...selengkapnya

DOWNLOAD TERBARU
FILE AUDIO KAJIAN :
Memberi Nama yang Baik, Memberi Contoh, dan Mengajarkan Agama – Seri Kajian Pendidikan Anak
Oleh Lain-lain
[Download File Audio Kajian Download !]
FILE E-BOOK MAKTABAH :
Free Ebook Jurnal AKHWAT Edisi 1 (9970 KB)
Oleh Tim Redaksi Jurnal Akhwat
[Download File E-Book Kajian Download !]
Al-Ilmu Home Tentang Kami Katalog Terbaru Produk Diskon Paling Diminati Ta'awun Donasi
:: Belanja Anda
Keranjang belanja kosong.
Konversi Mata Uang
:: Webmail Gratis
:: Kajian Online
Tgl : 17-08-2018
Status Kajian Online  Panitia Kajian


Cara pasang radio online
:: Informasi
Gambar Buku & Produk
Promo Diskon 30%
Cuci Gudang, Buku Diskon 40% !
Poster Iklan dan Toko Cabang AL-ILMU
Petunjuk Penting bagi Semua Pengunjung & Pelanggan



















KAJIAN AUDIO ONLINE

Akhwat.web.id :: Muslimah Salafiyah

Penerbit.Al-Ilmu.Com :: Menebar Warisan Ilmu Salafush Shalih

AL-ILMU.ORG :: Wirausaha Islami

KiosHerbal.Com Thibbun Nabawi


Nilai Website Saya
Rp 162.47 Juta


Page Ranking Tool
:: Info dan Iklan
Pasang Iklan?
:: Menu Buku
Home Katalog
:: Kategori Tema
Fatwa-Fatwa Aqidah Fiqh Manhaj Al Qur'an Hadits Firqoh-firqoh Bid'ah Akhlaq Muamalah Siroh Bahasa Arab Keluarga Kewanitaan Anak-anak
:: Diskon Hari Ini
Berhiaslah dengan Akhlak Mulia
Asy Syaikh Abdul Malik Ramadhani
Penerbit Al-Husna
Rp 24.000
Rp 19.200
Halaman Buku

Ringkasan Fiqh Islami Jilid 1
Panduan Ibadah Sesuai Sunnah
Judul Asli : Al Mulakhkhash Al fiqh
Penulis : Asy Syaikh Dr. Shalih bin 'Abdillah Aalu Fauzan (hafidzahullah)
Penerjemah : Abu Nizar Arif Mufid MF
Cetakan : Kedua, Mei 2006 M/Jumadil Ula 1427 H
Penerbit : Pustaka Salafiyyah
Ukuran : 15,5 cm x 23,5 cm
Jumlah Halaman : 428
Cover : Doff, Soft Cover,
Kertas Isi : HVS
Berat : 400 gram
Jumlah Grosir : 1
Diskon Grosir : 20%
Harga : Rp60.000
Jumlah
Keutamaan Belajar Agama

Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah atas nabi kita Muhammad Shallallaahu 'alaihi wasallam, keluarga, para sahabat beliau dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik hingga hari kiamat. Waba'du.

Sesungguhnya belajar agama adalah amalan yang paling utama dan merupakan tanda kebaikan.

Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda,

Artinya : ?Barangsiapa dikehendaki kebaikan oleh Allah, maka Allah akan menjadikannya paham dalam masalah agama? (1)

Hal itu dikarenakan dengan belajar agama akan diperoleh ilmu bermanfaat yang merupakan pondasi bagi amal shalih.

Allah Subhaanahu wa Ta'ala berfirman,

?Dialah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar? (Al Fath : 28)

Yang dimaksud dengan petunjuk adalah ilmu yang bermanfaat, dan yang dimaksud dengan agama yang benar adalah amalan shalih.

Allah Subhaanahu wa Ta'ala juga memerintahkan kepada Nabi-Nya untuk memohon kepada-Nya agar ditambah ilmunya. Allah Subhaanahu wa Ta'ala berfirman :

?Dan katakanlah, 'Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan?. (Thaaha : 114)

Al Hafidz Ibnu Hajar berkata, ?Ini adalah dalil yang jelas tentnag keutamaan ilmu, karena Allah tidklah memerintahkan nabi-Nya untuk memohon tambahan kecuali tambahan ilmu. (2)

Dan Nabi Shallallaahu 'alaihi wasallam telah menamakan majlis-majlis yang diajarkan ilmu bermanfaat di dalamnya dengan riyadul jannah (taman-taman surga). Beliau juga memeberitahukan bahwa para ulama adalah pewaris para nabi.

Tidak ragu lagi bahwa seseorang sebelum mengerjakan amalan apapun, pasti harus mengetahui tentang cara bagaimana mengerjakan amalan tersebut dengan benar. Sehingga amalannya benar dna mengantarkan kepada hasil yang diharapkan setelah itu. Maka bagaimana mungkin seseorang melakukan peribadatan kepada Rabb-nya yang akan menyebabkan selamat dari neraka dan masuk ke dalam surga tanpa ilmu?

Karena sebab inilah manusia bila ditinjau dari sisi ilmu dan amalan terbagi menjadi tiga golongan :

Golongan pertama : Orang-orang yang menggabungkan antara ilmu dan amal shalih. Mereka adalah orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah Subhaanahu wa Ta'ala tentang jalannya orang-orang yang diberi ni'mat dari kalangan nabi, shiddiqin, syuhada dan shalihin. Mereka itu adalah sebaik-baik teman.

Golongan kedua : Orang-orang yang mempelajari ilmu bermanfaat dan tidak mengamalkannya. Mereka adalah orang-orang yang dimurkai dari kalangan orang-orang Yahudi dan yang mengikuti langkah mereka.

Golongan ketiga : Orang yang beramal dengan tanpa ilmu. Mereka adalah orang-orang yang sesat dari kalangan orang-orang nashrani dan yang mengikuti langkah mereka.

Ketiga golongan ini tercakup di dalam firman Allah Subhaanahu wa Ta'ala pada surat Al Fatihah yang dibaca pada setiap rakaat pada shalat-shalat kita :

?Tunjukilah kami ke jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau anugrahkan nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat? (Al-Fatihah: 6-7)

Al Imam Asy Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah berkata, ?Adapun firman Allah Subhaanahu wa Ta'ala ,

?Bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat?

Yang dimaksud denan orang yang dimurkai adalah para ulama yang tidak beramal dengan ilmunya. Dan orang yang sesat adalah orang yang beramal tanpa ilmu. Yang pertama adalah sifatnya orang-orang Yahudi dan yang kedua adalah sifatnya orang-orang Nashrani. Banyak dari manusia ketika melihat di dalam kitab tafsir bahwa Yahudi adalah orang-orang yang dimurkai dan Nashrani adalah orang-orang yang sesat; orang yang bodoh menyangka bahwa itu adalah khusus bagi mereka. Padahal dia membaca bahwa Rabb-nya telah mewajibkan kepadanya untuk berdoa dengan do'a ini dan berlindung dari orang-orang yang memiliki sifat-sifat ini!! Subhanallah!! Bagaimana Allah mengajarinya, memilihkan baginya dan mewajibkannya untuk selalu berdoa kepada Rabbnya; padahal tidak ada yang perlu dihindari olehnya?! Tidaklah tergambar bahwa perbuatannya ini merupakan persangkaan jelek terhadap Allah (3). Demikian perkataan Syaikh.

Beliau menjelaskan kepada kita tentang hikmah difardhukannya membaca surat yang agung ini (Surat Al Fatihah) pada setiap rakaat shalat kita; baik yang fardhu maupun yang sunnah; yaitu karena mencakup rahasia yang besar, diantaranya adalah do'a yang agung ini; agar Allah memberikan taufik kepada kita untuk menempuh jalannya para pemilik ilmu yang bermanfaat

Kemudian ketahuilah wahai pembaca yang mulia, bahwa ilmu yang bermanfaat diambil dari Al Kitab dan As Sunnah baik di dalam memahami maupun merenungkan, dengan meminta tolong di dalam hal tersebut kepada guru yang suka memberikan nasehat, kitab-kitab tafsir, syarah-syarah hadis, buku-buku fiqh dan buku-buku nahwu serta bahasa Arab yang Al Quran Al Karim turun dengannya. Maka sesungguhnya buku-buku ini adalah jalan untuk memahami Al Kitab dan As Sunnah

Maka wajib bagi Anda wahai saudaraku muslim ? agar amalan anda benar- , untuk mempelajari apa yang dengannya akan tegak agama Anda; berupa shalat, puasa dan haji Anda, mempelajari tentang zakat harta Anda, dan begitu pula mempelajari hukum-hukum mu'amalah yang anda butuhkan; agar bisa mengambil apa yang diperbolehkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala dan menghindari apa yang diharamkan oleh Allah atas Anda; supaya usaha dan makanan Anda halal; agar doa Anda dikabulkan. Semua itu sangar penting untuk dipelajari. Dan semua itu akan mudah dengan izin Allah bilamana tekad Anda benar dan niat Anda baik.

Maka bersemangatlah untuk membaca buku-buku yang bermanfaat dan berhubunganlah dengan para ulama; untuk menanyakan kepada mereka apa-apa yang Anda anggap sulit dan mendapatkan dari mereka hukum-hukum tentang agama Anda. Demikian pula Anda perlu untuk menghadiri kajian-kajian dan ceramah-ceramah agama yang diadakan di masjid-masjid dan lain sebagainya. Serta mendengarkan acara-acara agama dari radio. Membaca majalah-majalah agama dan buletin-buletin yang memperhatikan masalah agama. Apabila Anda bersemangat dan mengikuti media-media yang baik ini, maka akan berkembang pengetahuan Anda dan akan terang ilmu Anda yang mendalam.

Dan jangan lupa wahai saudaraku, bahwa ilmu akan berkembang dan bertambah dengan amalan. Apabila Anda beramal dengan ilmu yang Anda ketahui, Allah akan menambahkan ilmu Anda. Sebagaimana dikatakan di dalam kata hikmah, ?Barangsiapa beramal dengan apa yang dia ketahui, niscaya Allah akan mewariskan ilmu yang tidak dia ketahui?. Kata-kata hikmah in dikuatkan oleh firman Allah Subhanahu wa Ta'ala :

?Dan bertawakkallah kepada Allah, dan Allah akan mengajarimu, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu? (Al-Baqarah : 282)

Ilmu adalah (perkara) yagn paling berhak untuk dicurahkan waktu padanya. Para cerdik pandai saling berlomba untuk mendapatkannya. Dengan ilmu, hati akan hidup dan amalan akan berkembang.

Allah yang Maha Luhur Sebutan-Nya dna Maha Suci nama-namanya telah menyanjung para ulama yang mengamalkan ilmunya dan mengangkat kedudukan mereka di dalam kitab-Nya yang memeberi penjelasan. Allah Subhaanahu wa Ta'ala berfirman,

?Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang yang tidak mengetahui? Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran? (Az Zumar : 9)

Dan Allah Subhaanahu wa Ta'ala berfirman :
?Niscaya Allah akan meninggikan oang-orang yang beriman diantara kalian dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kami kerjakan? (Al Maidah : 11)

Allah Subhaanahu wa Ta'ala menjelaskan keistimewaan orang-orang yang diberi ilmu dan menyatakan dirinya beriman. Kemudian Allah memberitahukan bahwa Dia Maha Mengetahui dengan apa yang kita kerjakan dan Melihatnya; untuk menunjukkan kepada kita bahwa sesungguhnya ilmu haruslah dengan amalan sekaligus. Dan hendaknya semua itu muncul dari keimanan dan perasaan diawasi oleh Allah Subhaanahu wa Ta'ala.

Kami dalam rangka mengamalkan kewajiban berkerjasama diatas kebenaran dan takwa, akan mempersembahkan untuk Anda ? dengan kekuatan dari Allah- di dalam pembahasan buku ini sebagai pengetahuan dari kaca mata fiqh yang telah disimpulkan oleh ulama kita dan dihimpun di dalam buku-buku mereka. Kami persembahkan untuk Anda apa yang mudah dari masalah tersebut. Semoga menhadi faktor pendorong bagi Anda untuk mencari faedah dan tambahan dari ilmu yang bermanfaat.

Kami memohon kepada Allah Subhaanahu wa Ta'ala agar melimpahkan kepada kami dan Anda ilmu yang bermanfaat. Memberi taufik kepada kita untuk beramal dengan amalan yang shalih. Dan kami memohon kepada Allah Subhaanahu wa Ta'ala agar memperlihatkan kepada kita bahwa yang hak adalah hak dan memberi rizki kepada kita untuk mengikutinya. Dan memperlihatkan kepada kita bahwa yang bathil adalah bathil dan memeberikan rizki kepada kita untuk menjauhinya. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengabulkan doa.

Footnote :
(1) Muttafaq 'alaih dari hadis Mu'awiyah Radiyallahu anhu : Al-Bukhari (17) [1/216] Kitab Al-'Ilm 13 dengan ?Fath Al-Baari?; dan Muslim (2386) [4/128] Kitab az-Zakah 33 dengan ?Syarah An-Nawawi?
(2) Lihat ; ?Fath Al-Baari? (1/187)
(3) Lihat ?Tarikh Najd? karya Ibnu Ghannam hal 491.

Daftar Isi
Halaman Judul Indonesia
Copy Right
Daftar Isi (5)
Kata Pengantar Penerbit (8)
Muqaddimah (10)

KEUTAMAAN BELAJAR AGAMA (13)

KITAB THAHARAH
* Bab : Tentang hukum thaharah dan air (23)
* Bab : Tentang hukum bejana dan pakaian orang kafir (29)
* Bab : Tentang amalan-amalan yan dilarang untuk dikerjakan oleh orang yang berhadas (33)
* Bab : Tentang adab buang hajat
* Bab : Tentang siwak dan perkara-perkara fitrah (47)
* Bab : Tentang hukum-hukum wudhu (53)
* Bab : Tentang penjelasan sifat wudhu (61)
* Bab : Tentang hukum mengusap dua sepatu dan penghalang-penghalang lainnya (69)
* Bab : Tentang penjelasan pembatal-pembatal wudhu (77)
* Bab : Tentang hukum-hukum mandi (83)
* Bab : Tentang hukum-hukum tayammum (89)
* Bab : Tentang hukum-hukum menghilangkan najis (97)
* Bab : Tentang hukum-hukum haidh dan nifas (105)

KITAB SHALAT (117)
* Bab : Tentang wajibnya shalat lima waktu (119)
* Bab : Tentang hukum adzan dan iqamat (127)
* Bab : Tentang syarat-syarat shalat (133)
* Bab : Tentang adab berjalan ke masjid (157)
* Bab : Tentang rukun-rukun, wajib-wajib dan sunnah-sunnahnya shalat (165)
* Bab : Tentang sifat shalat (179)
* Bab : Penjelasan tentang perkara yang dimakruhkan di dalam shalat (185)
* Bab : Penjelasan tentang apa yang disunnahkan dan diperbolehkan untuk dilakukan di dalam shalat (191)
* Bab : Tentang sujud sahwi (197)
* Bab : Tentang dzikir setelah shalat (203)
* Bab : Tentang shalat tathawwu' (215)
* Bab : Tentang shalat witir dan hukum-hukumnya (217)
* Bab : Tentang shalat tarawih dan hukum-hukumnya (223)
* Bab : Tentang (shalat-shalat) sunnah rawatib bersama shalat fardhu (229)
* Bab : Tentang shalat Dhuha (237)
* Bab : Tentang sujud tilawah (241)
* Bab : Tentang shalar tathawwu' muthlaq (245)
* Bab : Tentang waktu-waktu yang dilarang untuk mengerjakan shalat (253)
* Bab : Tentang wajibnya shalat berjama'ah dan keutamaan-keutamaannya (257)
* Bab : Tentang hukum-hukum yang berkaitan dengan masbuq (275)
* Bab : Tentang hukumnya para wanita datang ke masjid-masjid (283)
* Bab : Tentang penjelasan hukum-hukum imam (291)
* Bab : Tentang orang yang tidak sah untuk menjadi imam (299)
* Bab : Tentang perkara yang disyariatkan untuk dikerjakan oleh imam ketika shalat (307)
* Bab : Tentang shalatnya orang-orang yang mempunyai 'udzur (313)
* Bab : Tentang hukum-hukum shalat jum'at (333)
* Bab : Tentang shalat dua hari raya (359)
* Bab : Tentang hukum-hukum shalat gerhana (381)
* Bab : Tentang shalat istisqa' (389)
* Bab : Tentang jenazah (395).


Buku-buku Fiqh yang lain
Terjemah Taisirul Allam Syarah 'Umdatul Ahkam jilid 1, Abdullah bin Abdurahman bin Shalih Alu Bassam, Cahaya Tauhid Press, harga Rp120.000
Terjemah Matan Umdatul Ahkam , Al-Imam Al-Hafizh Abdul Ghani Al-Maqdisi, Penerbit Lainnya, harga Rp17.500
Terjemah Taisirul 'Allam (Syarah 'Umdatul Ahkam) jilid 2 (Hard Cover), Asy-Syaikh Abdullah bin Abdurrahman bin Shalih Alu Bassam, Cahaya Tauhid Press, harga Rp110.000
Misteri Shalat Istikharah, Abu Umar Abdullah bin Muhammad Al-Hammadi, Pustaka Ar Royyan, harga Rp21.000
HIBURAN Untuk Saudaraku Yang Sakit Dan Yang Tertimpa Musibah..., Abdul Aziz bin Muhammad bin Abdullah As-Sadhan, Buana Ilmu Islami, harga Rp36.000
Motivasi dan Panduan Menuntut Ilmu, Ali bin Muhammad Ali Imraan, Buana Ilmu Islami, harga Rp112.500
Panduan Shalat Praktis, Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani rahimahullah , Maktabah Al-Ghuroba', harga Rp9.000
Kunci Ibadah Praktis Menurut Tuntunan Rasulullah (CETAK ULANG), Fathul Mujib bin Bahruddin, Hikmah Ahlus Sunnah, harga Rp20.000
Fiqih Pilihan Asy-Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani, Mahmud bin Ahmad Rasyid, Pustaka Salafiyyah, harga Rp40.000
"Promo" Terjemah Taisirul Allam Syarah 'Umdatul Ahkam jilid 1,2 bonus "jerat-Jerat dosa dan kemaksiatan", Asy-Syaikh Abdullah bin Abdurrahman bin Shalih Alu Bassam, Cahaya Tauhid Press, harga Rp230.000

Buku-buku Pustaka Salafiyyah yang lain
Terjemah Syarah Ushul Sittah, Syaikh Muhammad bin Shalih Al- Utsaimin dan Syaikh Shalih Fauzan Al-Fauzan, harga Rp30.000
Fiqih Pilihan Asy-Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani, Mahmud bin Ahmad Rasyid, harga Rp40.000
Tanya Jawab Bersama Syaikh Muqbil jilid II, As-Syaikh Al-Muhadst Abu Abdirrahman Muqbil bin Hadi Al-Wadi'i, harga Rp52.000
Membongkar Kedok Al-Qaradhawi, Syaikh Ahmad bin Muhammad bin Manshur Al-'Udaini, harga Rp38.000
Tanya Jawab Bersama Syaikh Muqbil jilid I, As-Syaikh Al-Muhadst Abu Abdirrahman Muqbil bin Hadi Al-Wadi'i, harga Rp56.000
Inilah Ajaran Ahlus Sunnah wal Jama'ah, Ma'ali Asy-Syaikh Al-Allamah DR. Shalih bin Fauzan bin 'Abdillah Al Fauzan, harga Rp41.000
Menggugat Demokrasi dan Pemilu, Abu Nashr Muhammad bin 'Abdillah al-Imam, harga Rp38.000
Risalah Takdir, Menguak Kerancuan dalam Masalah Takdir, Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, harga Rp12.000
Islam Itu Mulia, Syaikh Abdul Aziz ibn Abdullah ibn Baz, harga Rp22.000
- Peta Situs & Statistik Produk - Kerjasama & Advertorial - Syarat & Ketentuan Layanan - Kebijakan Privasi - Tentang Pengelola -

pengunjung online - 10789336 kali kunjungan

Al-Ilmu.Com | Bekal Setiap Muslim Mengagungkan Sunnah Nabi :: Kios/Toko Produk Islami Online Menjual Buku Islam, Kitab Ulama Berbahasa Arab, Majalah Islam, CD MP3 Pengajian dan Murotal, Thibbun Nabawi, Pakaian Muslim dan Busana Muslimah, Fasilitas Buletin Dakwah Jumat Gratis dan Download Gratis File Tasjilat Kajian Audio dan Artikel E-Book Maktabah Bermanhaj Salaf Ahlussunnah Wal Jamaah

AL-ILMU 2005-2008 | Developed by Sintesa Teknologi | Powered by Kreasi Media